Pages

Tuesday, March 29, 2011

Berbeda karena satu


Pernahkan kamu merasa berbeda dengan orang lain? Pastinya setiap orang pasti pernah merasa berbeda dengan yang lain.
Ada sebuah kisah tentang sepasang kesasih yang menjalin hubungan dengan berbeda keyakinan. Pasangan kekasih ini sudah menjalani hubungan selama lima tahun. Sang wanita mempunyai keyakian kuat terhadap iman yang dia punya, begitu pula dengan sang pemuda. Namun, hidup mereka bahagia walaupun kadang terjadi masalah, agama bukan menjadi factor  utama bagi masalah mereka.

Sang wanita sangat mencitai pasangannya itu, begitu pila sebaliknya. Namun, suatu hari sang wanita bertanya kepada pasangannya “Kenapa Tuhan menciptakan  kita dengan bermacam-macam perbedaan?” “ mengapa kita tidak diciptakan sama?”. Pasangannya hanya tersenyum melihat kekasihnya yang tak biasa melontarkan pertanyyan itu. Dia mendekati kekasihnya lalu memeluknya hangat sekali.  Seperti sebuah jawaban yang menjawab pertanyaan sang kekasih tercintanya itu.
Sang pemuda itu melepaskan pelukannya, lalu ia berkata “Itulah tugas CINTA, utuk mempersatukan perbedaan di seluruh dunia ini. Aku dan kamu berbeda dan disinilah CINTA telah mempersatukan kita sejauh ini. Tanpa cinta, kasih, dan saying, aku tidak akan berada di deanmu sekarang, melihat senyummu, dan tak mampu menyentuhmu.”
Mendengar jawaban pasangannya itu, sang wanita memeluknya dan menangis. Pemuda itu berkata “Menangislah selama kamu nyaman berada di tempat yang berbeda ini. Karena pundak ini diciptakan berbeda untukmu, pundak ini diciptakan lebih kuat dan lebih tegar, untukmu mengadu segala bebanmu dan menjadikannya tempat untukmu meluapkan air matamu.”, “Kita memang berbeda, aku dan kamu punya kekurangan dan kelebihan masing-masing, Tuhan sudah merancang ini dengan sempurna. Hanya untuk kali ini, Tuhan melabuhkan hatiku padamu, jangan berpikir terlalu jauh, hadapi apa yang akan terjadi esok, dan aku akan selalu berdoa supaya aku tetap mampu berada disampingmu. Menemanimu, menjagamu, dan mencintaimu.”
Sebenarnya kisah itu boleh dikatakan agak berlebihan, tapi itulah yang nyata terjadi. Kadang kita memang berada pada posisi itu. Mencintai orang yang memiliki perbedaan yang jauh dengan kita. Dan kadang saat kita dan pasangan kita telah jauh melangkah dan suatu saat kita menyadari kalau dia berbeda dengan kita, itulah hal yang membuat permasalahan besar dalam hati kita. “mengapa kamu tak seiman denganku? Mengapa kamu harus berbeda tak seperti oaring lain?” jawabannya adalah, Setiap orang punya kekurangan dan kelebihan, dan dengan berbeda kita di ajari untuk menerima sesuatu dengan apa adanya bukan ada apanya. Kita tak bisa membuat orang lain seperti dalam gambaran pikiran kita, Tuhan menciptakan manusia sudah sesuai dengan rancanganNYA. Dan karena itulah Tuhan membuat Cinta dalam hati manusia, supaya mereka mau menghargai orang lain dengan segala perbedaan yang ada di dunia ini.

No comments: